PENTINGNYA ETIKA DALAM E-COMMERCE

 

Haii Smader…

Etika sangatlah berperan penting dalam suatu e-commerce, karena bisnis sangat berkembang dan ramai di pergunakan di dunia teknologi, sehingga menjadi topik perdebatan. Tujuan bisnis tentu nya untuk mendapatkan keuntungan yang mempertaruhkan uang dan barang, yaitu dengan membeli, menjual, memproduksi produk-produk baik barang atau pun jasa.

Dalam hubungan nya etika dan e-commerce sangat berkaitan, karna sebagian dari orang-orang berpendapat “bisnis tetap bisnis” yang susah untuk di satukan dengan etika sebab mengutamakan keuntungan. Sedangkan dari bagian lain menyebutkan perlu nya evaluasi yang etis dalam hal berbisnis, karna selain sebagai mencari keuntungan bisnis juga membutuhkan etika sebagai mengupayakan norma yang berupa kemanusiaan.

 Ada beberapa alasan bahwa di dalam berbisnis perlu etika :

  • Selain mempertaruhkan uang dan barang sebagai tujuan untuk keuntungan, bisnis juga mempertaruhkan kehormatan, reputasi,dan lain nya.
  • Kepercayaan sangat di butuhkan dalam melakuakn bisnis, sebab bisnis akan berkembang jika kepercayaan itu ada dan memiliki relasi. Maka etika di butuhkan untuk memperkuat dan menumbuhkan rasa saling percaya.
  • Bisnis di lakukan antar orang yang satu ke orang lain, maka bisnis memerlukan etika untuk memberikan pedoman bagi pihak yang menjalankan nya.

Dari beberapa alAsan tersebut, di simpulkan bahwa bisnis membutuhkan etika. Suatu bisnis akan berhasil jika mematuhi etika dalam berbsisnis dan masyarakat sebagai penilai siapa yang layak untuk di dukung sebagai pebisnis.

 

Tujuan Etika

Yang menjadi tujuan dari Etika ialah untuk membangkit kan kesadaran moral dan memberikan batasan – batasan bagi para pelaku pengusaha atau pelaku bisnis untuk mengaplikasikan bisnis yang bagus dan bukan mengadakan penipuan. Hal itu dapat membebani banyak orang. Semua pengusaha  sangat membutuhkan etika bisnis, baik pengusaha yang sudah lama terjun ke dalam dunia bisnis maupun pengusaha yang masih baru terjun ke dunia bisnis.

Dalam etika bisnis juga memiliki aturan agar bisa mengarahkan mereka memanajemen bisnis yang baik dan mengarahkan mereka dalam mewujudkan suatu citra, hal ini untuk para pebisnis. Sehingga bisnis tersebut mempunyai etika yang bagus dan bisa di ikuti oleh semua pihak yang mempercayai nya. Dengan ada nya etika bisnis bisa menghindari dari citra yang kurang baik, seperti hal nya licik dan cara kotor, serta terjadi nya penipuan. Etika yang baik pada bisnis biasa nya tidak akan melanggar aturan hukum yang telah ada,  mempunyai izin usah yang resmi, tidak akan melakukan kecurangan pada bisnis yang lain nya, serta tidak akan menjadi kan suasana tidak kondusif pada pesaing bisnis nya.

 

Manfaat Etika Bisnis

Untuk meraih kesuksesan pada jangka panjang di dalam suatu bisnis di perlukan nya perilaku yang etis. Maka dari itu, nilai di dasarkan pada dan kelangsungan hidup perusahaan dan keuntungan, yang mana bisnis seringkali menetapkan pilihan strategis.

Ada manfaat dari etika bisnis untuk kelangsungan organisasi atau perusahaan yaitu sebagai berikut :

  1. Tugas dari etika bisnis ialah memberikan suatu pemahaman seperti bisnis yang tidak bisa di pisahkan dari etika dan bertugas melakukan perubahan kesadaran masyarakat terhadap bisnis.
  2. Untuk menyeimbangkan kepentingan strategis pada suatu bisnis dengan tuntutan moralitas dan berupaya untuk mencari cara.

 

E-Commerce ( Electronic Commerce)

Perkembangan ilmu teknologi dan ilmu pengetahuan yang semakin pesat, menjadikan tantangan terhadap penegakkan nilai – nilai etika, juga memperhatikan perkembangan yang ada pada setiap moral seseorang.

E-Commerce merupakan informasi dan jasa yang di lakukan secara elektonik yang akan menggunakan jaringan komputer, untuk proses transaksi penjualan dan pembelian produk. Atau pengertian lain dari E-Commerce ialah direct selling yang menggunakan  pelayanan yang ada di Internet yang mana terdapat website yang biasa menyediakan layanan “get and deliver“ atau proses yang terjadi saat berdagang dan berbelanja di online.

 

Contoh Trend E-Commerce

Contoh nya : dengan ada nya dukungan mobile e-banking mempermudah transaksi bisnis lebih praktis bagi pengguna nya. Saat ini hampir semua bank sudah menyediakan layanan mobile untuk mempermudah transaksi lebih cepat, praktis dan tidak perlu antri di ATM. Proses transaksi pembayaran, pembelian, dan transfer dapat di lakukan hanya dengan sekali sentuhan pada smartphone anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *